Pernah nonton drama Korea yang judulnya Mine? Kalau udah pernah, kalian pasti tau betapa sedihnya Seo Hee Soo di episode ini.

Satu tahun berlalu, tapi rasanya masih seperti beberapa hari berlalu. Lukanya telah mengering, tapi sakitnya seperti baru kemarin.

Aku hampir kehilangan cahaya, sinar yang menyala dari api harapan yang selalu aku jaga. Aku hampir saja putus asa, perasaan yang selalu aku hindari sekian lama.

Melihat Seo Hee Soo menangis seperti itu, aku iri. Seandainya bisa, aku ingin menangis seperti itu. Menangis sekuat kuatnya. Menangis sejadi jadinya. Membiarkan segala perasaan itu mengalir bersama air mata. Sayangnya, aku tidak bisa melakukannya. Ketika sesakit itu perasaanku yang kehilanganmu, aku masih berpura – pura baik. Menyelipkan seutas senyum ketika hatiku sedang benar benar rapuh. Dan itu adalah kesalahan terbesarku.

Mengapa aku harus tersenyum saat aku terluka? Kenapa aku harus baik baik saja ketika aku kehilangan? Mengapa aku masih harus kuat, ketika aku merasa benar benar rapuh karena perpisahan yang sungguh tidak aku inginkan? Harusnya aku tidak melakukannya. Seharusnya, aku jujur pada diriku sendiri. Aku tidak harus memikulnya. Aku tidak harus menyimpan beban yang tidak lagi sanggup untuk aku tahan. Seharusnya, aku membiarkannya terlampiaskan.

Ditulis tahun 2021