Di Balik Ujian

Setiap pasangan telah Allah takdirkan dengan jalan yang berbeda. Ada yang dengan waktu singkat mendapatkan materi yang berlimpah. Namun tak akur dengan mertua. Ada yang amat beruntung, medapatkan mertua idaman yang baik seperti orangtua kandung, namun Allah mengujinya dengan ekonomi yang sulit. Ada pula orang yang mertuanya baik, ekonominya baik, tapi sulit dalam mendapatkan keturunan. […]

Baby Test Di Bulan Kedua

Yeaah, aku seneng karena bulan ini ada harapan besar untuk aku dan suami. Di haid ke dua, aku datang untuk memulai program hamil lagi setelah gagal di bulan pertama. Setelah di cek, ada dua belas telur. Lalu aku di resepkan obat hormon dengan dosis yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Setelah suami cek spermanya, aku […]

Kegagalan adalah Kesempatan

Kegagalan di bulan pertama. Tidak sakit hati, tidak juga kecewa. Dari awal dokter memang mengatakan tidak ada telur yang matang. Jadi aku sudah bersiap diri jauh sebelum si merah datang. Bukan pesimis, tapi justru aku menantikan si merah datang agar segera bisa memulai program hamil lagi. Meskipun pada hari sebelum si merah datang, aku juga […]

Pejuang Garis Dua

Seandainya garis dua itu menandakan aku positif hamil, mungkin saat ini aku bakalan jadi wanita yang bahagia pake banget. Tapi kenyataannya garis dua yang tiga hari aku lihat berturut turut di pagi hari itu, ada di test kesuburan. Bukan test kehamilan. Kabar baiknya, sekarang aku bisa tau setidaknya di hari apa aku mencapai puncak kesuburan. […]

Kita Yang Mana?

Ada, beberapa manusia ia rela kehilangan dirinya demi memuaskan oranglain yang melihatnya, menemaninya berjam jam saja. Ada manusia yang tega membunuh hidupnya sendiri, demi dipandanf layak hidup untuk segelintir manusia yang sebenarnya tak menganggap penting kehidupan orang lain. Ada yang berpura pura bahagia. Berkamuflase menjadi baik, padahal hatinya busuk dan licik. Ada yang menjelmakan diri […]

Vespa (an) Lagi

Kira kira udah satu tahun engga pergi jauh naik vespa. Sejak vespanya ganti, aku ngrasa kehilangan semangat aja buat jalan jalan pake vespa. Pertama, aku ngrasa ga sepenuhnya aman. Vespa yang sebelum ini sering ngadat. Pertama kali di tuker suami nabrak tembok karena hilang kendali. Gase mblandrang. Jadi gasnya tuh ngga bisa turun. Ngegas mulu, […]

Sebagai Ibu Yang Tiada

Jika kalian menganggap aku ada, maka demikianlah. Aku selalu ada di depan mata kalian. Di sudut ruang yang sepi saat kamu sendirian. Tepat di depan wajah saat matamu terpejam. Peliharalah aku, agar aku tetap hidup dalam kisah cinta kalian. Dalam ruang yang paling suci dalam tubuh kalian. Ruang yang penuh kejujuran. Ruang yang tidak pernah […]

Lembut Yang Ku Rindu

Setiap tangan yang aku genggam, tak pernah sama dengan genggamanmu. Aku mencoba bersandar, pada bahu orang orang yang ku temu, belum ku dapati bahu yang nyaman, seperti bahumu. Bahkan pada lelaki yang memelukku, tak juga kurasa pelukan setulus pelukanmu. Lalu pada suatu malam yang gelap aku menangis, tak ada satupun bintang yang ada di langit. […]

Hidup Yang Sekali

Jangan merusak kebahagiaan orang lain, sebab hidup hanya sekali. Tidak ada kehidupan lain lagi untuk memperbaikinya. Jadilah orang yang memberi manfaat dan orang yang di rindukan kehadirannya. Jika dekat, ternyata hanya membuat buruk prasangka, jika dekat hanya menimbulkan siksa, lantas lunturlah cinta dan kasih yang telah ada, maka pergilah. Menjauhlah untuk menumbuhkan cinta itu kembali. […]